Selayang Pandang

 

     Dunia terus berubah seiring kemajuan teknologi hingga menyentuh segala aspek kehidupan manusia. Dunia informasi menjadi hal penting dalam aspek kehidupan, sehingga komunikasi menjadi pelengkap kehidupan manusia dalam berinteraksi. Cara berkomunikasi pun terus berkembang mengikuti pesatnya perkembangan teknologi. Karena itu komunikasi perlu dipelajari agar menjadi seorang komunikator yang baik dan handal.

     Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie (IBIKKG) tidak hanya menawarkan kemampuan berbicara saja, tetapi membekali para mahasiswa dalam menguasai konsep dan teori serta berkompeten di bidang multimedia komunikasi berbasis teknologi. Program Studi Ilmu Komunikasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie menawarkan peningkatan kemampuan tersebut dalam 2 bidang konsentrasi, yaitu Broadcasting dan Marketing Communication.

Konsentrasi

memberikan pengalaman belajar para mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan dalam proses produksi program televisi dan radio. Sehingga lulusannya akan memiliki kemampuan dalam perencanaan, desain dan produksi program siaran radio dan televisi berbasis multimedia komunikasi yang berorientasi pada inovasi, kewirausahaan dan globalisasi.

Prospek Karir Lulusan

Radio/TV Announcer, Executive Producer, Video Journalist, Reporter, Scriptwriter Coordinator, Production Manager, Talent Manager, Floor Director, Program Director, Audio Video Editor Manager, Account Executive Media Manager, Traffic Manager, Camera Person Coordinator, Media Researcher, Content Creator dan Entrepreneur Media.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Tahun Pertama
  1. Mahasiswa mampu memahami aspek-aspek dalam ilmu komunikasi, termasuk proses, konsep dan ragam teori komunikasi serta keterampilan berkomunikasi yang relevan dengan tujuan kegiatan komunikasi.
  2. Mahasiswa mampu merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi program komunikasi dalam berbagai konteks komunikasi, baik secara konvensional maupun
  3. Mahasiswa mampu memahami perkembangan ilmu komunikasi di dunia, khususnya di industri penyiaran, periklanan, dan korporasi.
Tahun Kedua
  1. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dan jenis-jenis etika komunikasi yang akan digunakan kelak pada saat berada di tengah masyarakat.
  2. Mahasiswa terampil berkomunikasi bisnis dengan kepribadian yang baik, percaya diri yang tinggi, seimbang dan ideal dalam membawa diri di dunia kerja, tentunya dengan gaya berkomunikasi yang lebih baik.
  3. Mahasiswa mampu memahami cara melihat pesan secara visual, memaknai pesan secara visual, serta menggunakan pesan visual dalam proses komunikasi.
Tahun Ketiga
  1. Mahasiswa mampu menyusun rundown acara, bertanggung jawab terhadap acara yang diselenggarakan, serta melakukan lobi dan negosiasi dengan seluruh pihak-pihak yang mendukung keberhasilan sebuah acara.
  2. Mahasiswa mampu memahami proses produksi (aspek teknis) dan proses penyajian termasuk bagaimana menjadi penyiar memproduksi program televisi yang bersifat News dan Non-News.
  3. Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis penelitian, implementasi teori komunikasi, pengumpulan data, penentuan responden/ informan, analisis data, pembuatan laporan dan presentasi proposal dan hasil penelitian komunikasi secara sederhana.
Tahun Keempat
  1. Mahasiswa mampu mengembangkan atau memiliki ide-ide besar dan luar biasa dalam pembuatan program-program televisi.
  2. Mahasiswa mampu menghasilkan karya atau program yang unik dan luar biasa serta berbeda bagi pemirsa, seperti program talkshow, dokumenter, dan film pendek.
  3. Mahasiswa mampu merumuskan masalah yang terkait dengan seminar media massa dan komunikasi pemasaran baik secara personal, kelompok, organisasi maupun melalui media

Memberikan pengalaman belajar para mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan dalam proses kreatif iklan dan aktivitas Public Relations. Sehingga lulusannya akan memiliki kemampuan dalam mengelola, merancang, dan mengevaluasi kegiatan komunikasi perusahaan (kehumasan).

Prospek Karir Lulusan

Public Relations Manager, Corporate Communication Manager, Media Relations Manager, Corporate Secretary Manager, Consultant PR, CSR Manager, PR Researcher, PR Trainer, Advertising Manager, Account Executive, Media Planner, Social Media Officer dan Event Organizer.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Tahun Pertama
  1. Mahasiswa mampu memahami aspek-aspek dalam ilmu komunikasi, termasuk proses, konsep dan ragam teori komunikasi serta keterampilan berkomunikasi yang relevan dengan tujuan kegiatan komunikasi.
  2. Mahasiswa mampu merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi program komunikasi dalam berbagai konteks komunikasi, baik secara konvensional maupun
  3. Mahasiswa mampu memahami perkembangan ilmu komunikasi di dunia, khususnya di industri penyiaran, periklanan, dan korporasi.
Tahun Kedua
  1. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dan jenis-jenis etika komunikasi yang akan digunakan kelak pada saat berada di tengah masyarakat.
  2. Mahasiswa terampil berkomunikasi bisnis dengan kepribadian yang baik, percaya diri yang tinggi, seimbang dan ideal dalam membawa diri di dunia kerja, tentunya dengan gaya berkomunikasi yang lebih baik.
  3. Mahasiswa mampu memahami cara melihat pesan secara visual, memaknai pesan secara visual, serta menggunakan pesan visual dalam proses komunikasi.
Tahun Ketiga
  1. Mahasiswa mampu menyusun rundown acara, bertanggung jawab terhadap acara yang diselenggarakan, serta melakukan lobi dan negosiasi dengan seluruh pihak-pihak yang mendukung keberhasilan sebuah acara.
  2. Mahasiswa mampu memahami proses produksi (aspek teknis) dan proses penyajian termasuk bagaimana menjadi penyiar memproduksi program televisi yang bersifat News dan Non-News.
  3. Mahasiswa mampu memahami jenis-jenis penelitian, implementasi teori komunikasi, pengumpulan data, penentuan responden/ informan, analisis data, pembuatan laporan dan presentasi proposal dan hasil penelitian komunikasi secara sederhana.
Tahun Keempat
  1. Mahasiswa mampu mengembangkan atau memiliki ide-ide besar dan luar biasa dalam pembuatan program-program televisi.
  2. Mahasiswa mampu menghasilkan karya atau program yang unik dan luar biasa serta berbeda bagi pemirsa, seperti program talkshow, dokumenter, dan film pendek.
  3. Mahasiswa mampu merumuskan masalah yang terkait dengan seminar media massa dan komunikasi pemasaran baik secara personal, kelompok, organisasi maupun melalui media

Daftar Sekarang

Latih dan Ekspresikan komunikasi kamu bersama Praktisi Ahli Komunikasi di IBI KKG Yuk!

Mengapa Kuliah Di Kwik Kian Gie?

  1. Memiliki kurikulum yang terintegrasi dengan industri dan dunia usaha sehingga mahasiswa mendapatkan keterampilan yang selaras dengan dunia kerja.
  2. Memiliki jaringan luas dengan dunia industri dan dunia usaha untuk kebutuhan magang, skripsi, pelatihan dan peluang karir.
  3. Memiliki kerjasama yang baik dengan stasiun televisi METRO TV.
  4. Terus beradaptasi dan berinovasi dengan perkembangan teknologi, khususnya di era industri 4.0.
  5. Mendapatkan ilmu komunikasi berbasis teknologi multimedia platform.
  6. Mengutamakan pembentukan pola pikir kritis, logis, kreatif dan inovatif.
  7. Himpunan mahasiswanya aktif dalam kegiatan akademik dan non akademik.
  8. Memiliki lulusan yang bekerja sesuai dengan bidang peminatan.
  9. Memiliki fasilitas pendukung belajar, seperti Laboratorium studio TV, dan editing audio-video.
  10. Suasana belajar mengajar yang egaliter dan kekeluargaan.

KERJASAMA PERUSAHAAN