15 Dec 2023

“Senjakala Televisi” Merangkai Kisah Transformasi Televisi di Era Digital

kwikkiangie.ac.id – Seminar berjudul “Senjakala Televisi” sukses diselenggarakan pada tanggal 13 Desember 2023 di institut bisnis dan informatika Kwik Kian Gie, dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari profesional media hingga mahasiswa. Acara ini berhasil merangkai kisah transformasi televisi dalam menghadapi dinamika era digital. Berikut adalah gambaran singkat dari tiga narasumber terkemuka yang turut memeriahkan seminar ini.

  1. Dr. Usman Kansong, S.Sos., M.Si. – (Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika): Lulusan Ilmu Komunikasi FISIP USU, Medan, Sumatra Utara tahun 1994, dan Program Pascasarjana Sosiologi Universitas Indonesia tahun 2005. Dirinya pernah bekerja di Harian Republika (1995-2000). Kemudian sejak tahun 2000, dirinya bekerja di Metro TV (2000-2009) dengan jabatan terakhir News Current Affairs Manager.
  2. Arief Suditomo, S.H., M.A. – (Direktur Programming and Development Metro TV): Memulai karier jurnalistiknya di harian cetak berbahasa Inggris The Jakarta Post tahun 1992-1995, sempat meraih penghargaan Panasonic Awards sejak pada tahun 2002.
  3. Aiman Adi Witjaksono, S.T., M.Si. – (Wakil Pemimpin Redaksi iNews): Seorang jurnalis senior. Sebelumnya Aiman cukup lama berkarya di RCTI sebagai reporter hingga Produser Eksekutif sekaligus penyiar. Di RCTI, terakhir ia merupakan penyiar program berita Seputar Indonesia. Di Kompas TV sejak Januari 2012 hingga November 2022

Peserta seminar aktif terlibat dalam sesi tanya jawab dan diskusi panel. Banyak yang menyuarakan ketertarikan mereka terhadap perubahan signifikan dalam perilaku konsumen media dan bagaimana hal itu memengaruhi strategi pemasaran dan produksi di industri televisi.

Seminar “Senjakala Televisi” menciptakan ruang berharga bagi peserta untuk memahami dan mendiskusikan perubahan dramatis yang sedang terjadi dalam industri televisi. Dengan dukungan dari narasumber yang berpengalaman, seminar ini berhasil menjadi forum yang inspiratif dan edukatif tentang evolusi media televisi di era digital. Kami berharap partisipan dapat mengaplikasikan wawasan yang diperoleh ke dalam pekerjaan dan studi mereka masing-masing untuk merespon dengan bijak terhadap senjakala televisi yang tengah berlangsung.