04 Oct 2023

Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Program yang Tersedia Kampus Merdeka (MBKM)

Apa itu Kampus Merdeka (MBKM)? Secara sederhana, Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah inovasi yang dibuat oleh Kemendikbudristek agar dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan kemajuan teknologi yang pesat.

Program ini sudah diluncurkan oleh Kemendikbudristek sejak akhir Januari 2020. Program Kampus Merdeka ini merupakan lanjutan dari Konsep Merdeka Belajar.
Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh mahasiswa jika mengikuti Kampus Merdeka (MBKM)? Apa saja program yang disediakan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

Pengertian Kampus Merdeka (MBKM)

Melansir dari laman Pusat Informasi Kemendikbud, Kampus Merdeka (MBKM) adalah sebuah inovasi yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan diluncurkan sebuah kebijakan untuk mentransformasi sistem Pendidikan tinggi di Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang lebih relevan.

Program ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk menghasilkan lulusan Perguruan Tinggi yang sesuai dengan perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia kerja, maupun dinamika masyarakat.

Program Kampus Merdeka (MBKM) sudah diluncurkan sejak akhir Januari 2020. Berdasarkan data dari laman Kampus Merdeka Kemendikbud, sudah ada lebih dari 725.000 mahasiswa yang terdaftar dan sudah memiliki akun Kampus Merdeka, serta 1.300 Perguruan Tinggi yang sudah berpartisipasi dalam program Kampus Merdeka.

Tujuan Kampus Merdeka (MBKM)

Pada dasarnya, tujuan adanya program Kampus Merdeka (MBKM) adalah menyiapkan lulusan Perguruan Tinggi yang memiliki soft skills maupun hard skills yang matang dan relevan dengan kebutuhan zaman. Dengan begitu, angka sarjana yang menganggur di Indonesia dapat berkurang.

Kampus Merdeka (MBKM) juga bertujuan untuk menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.

Lebih lanjut, tujuan lainnya dari program Kampus Merdeka (MBKM) adalah dapat memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan passion dan bakatnya melalui program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel.

Manfaat Kampus Merdeka (MBKM)

Apabila implementasi Kampus Merdeka berjalan dengan sukses, terjamin mutunya, dan berkelanjutan, akan ada banyak pihak yang mendapatkan manfaatnya. Mulai dari mahasiswa, lulusan Perguruan Tinggi, dosen, hingga dunia kerja.

Untuk mahasiswa, manfaat Kampus Merdeka (MBKM) adalah memperoleh kesempatan yang lebih luas untuk mengeksplorasi minat dan bakat selama menjalani pendidikan di Program Studi Sarjana Terapan.

Sementara untuk lulusan Perguruan Tinggi manfaat yang didapatkan dari mengikuti program Kampus Merdeka (MBKM) adalah memperoleh keterampilan kerja khusus dan soft skills yang relevan untuk memasuki masyarakat informasi dan Industri 4.0.

Adapun manfaat program Kampus Merdeka (MBKM) yang diperoleh oleh dosen adalah kemampuan pedagogi dan penguasaan substansi pembelajaran yang lebih meningkat.
Sementara untuk dunia kerja, adanya program Kampus Merdeka (MBKM) ini dapat memberikan manfaat berupa tenaga kerja yang dapat diandalkan untuk menjadi pemimpin, serta tenaga kerja dengan keterampilan kerja khusus dan soft skills yang relevan dalam menjalankan pekerjaan di era Industri 4.0.

Program Kampus Merdeka (MBKM)

Ada delapan jenis program yang disediakan oleh Kampus Merdeka (MBKM). Mulai dari program magang, pertukaran pelajar, asisten mengajar di satuan pendidikan, penelitian atau riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independen, hingga membangun desa (Kuliah Kerja Nyata Tematik).

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai kedelapan program tersebut.

1. Program Magang

Kurangnya pengalaman kerja di industri atau dunia profesi nyata membuat mahasiswa menjadi kurang siap bekerja ketika lulus dari Perguruan Tinggi.

Bahkan, magang yang dilakukan dalam jangka pendek (kurang dari 6 bulan) juga tidak cukup memberikan mahasiswa pengalaman dan kompetensi di industri. Maka dari itu, Kampus Merdeka (MBKM) menyediakan program magang selama 1-2 semester.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang cukup kepada mahasiswa melalui pembelajaran langsung di tempat kerja (experiential learning).

Selama menjalani kegiatan magang, mahasiswa akan mendapatkan hardskills berupa keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dan sebagainya, maupun soft skills, seperti etika dalam bekerja, komunikasi, kerjasama, dan masih banyak lagi.

2. Pertukaran Pelajar

Melalui program Pertukaran Pelajar dalam Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa dapat kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri maupun dalam negeri.

Tidak hanya itu saja, wawasan mahasiswa tentang ke-Bhinneka Tunggal Ika akan makin berkembang dan persaudaraan lintas budaya serta suku akan semakin kuat. Program ini juga dapat menutupi kesenjangan pendidikan, baik antar perguruan tinggi dalam negeri maupun kondisi pendidikan tinggi dalam negeri dengan luar negeri.

Program Pertukaran Pelajar ini dapat dilakukan antar program studi pada perguruan tinggi yang sama, program studi yang sama pada perguruan tinggi yang berbeda, dan program studi pada perguruan tinggi yang berbeda.

3. Asisten Mengajar di Satuan Pendidikan

Mahasiswa yang tertarik untuk menjadi tenaga pendidik atau ingin memperdalam ilmunya dengan menjadi guru, dapat mengikuti program Asisten Mengajar di Satuan Pendidikan, seperti sekolah dasar, menengah, maupun atas. Lokasi sekolah tempat praktek mengajar bisa berada di perkotaan maupun di daerah terpencil.

Program ini juga sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin ikut membantu meningkatkan pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia.

4. Penelitian atau Riset

Program lainnya yang disediakan dalam Kampus Merdeka (MBKM) adalah penelitian atau riset. Program ini sangat cocok untuk mahasiswa yang memiliki passion menjadi peneliti.

Nantinya, siswa dapat melakukan magang di Laboratorium atau Lembaga riset, seperti LIPI/BRIN, LAPAN, NASA, dan Perguruan Tinggi sebagai asisten peneliti dan mengerjakan proyek riset yang berjangka pendek, yakni sekitar satu semester sampai satu tahun.

5. Proyek Kemanusiaan

Mahasiswa yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi dapat mengikuti program Proyek Kemanusiaan yang disediakan dalam Kampus Merdeka (MBKM).

Melalui program ini, kepekaan sosial mahasiswa akan lebih terlatih. Tak hanya itu saja, kemampuan berpikir kritis dan problem solving-nya juga akan meningkat.

6. Kegiatan Wirausaha

Kampus Merdeka (MBKM) juga menyediakan program Wirausaha sehingga mahasiswa yang memiliki minat berwirausaha dapat mengembangkan usahanya sejak dini dan lebih terbimbing.

Selain itu, program ini juga bisa menjadi salah satu solusi dalam menangani permasalahan pengangguran intelektual di kalangan sarjana.

7. Studi/Proyek Independen

Program lain yang tersedia dalam program Kampus Merdeka (MBKM) adalah studi atau proyek independen.

Mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti program ini dapat mengembangkan sebuah proyek berdasarkan topik sosial khusus. Proyek ini dapat dikerjakan dalam bentuk kerja kelompok lintas disiplin keilmuan sekaligus bisa menjadi pelengkap atau pun pengganti mata kuliah yang harus diambil.

8. Membangun Desa (Kuliah Kerja Nyata Tematik)

Kegiatan membangun desa atau Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) adalah salah satu program yang disediakan oleh Kampus Merdeka.

Kegiatan ini dapat memberikan mahasiswa pengalaman belajar langsung dengan hidup di tengah masyarakat yang tinggal di pedesaan. Mahasiswa juga dapat melakukan identifikasi potensi dan menangani berbagai masalah yang terjadi di desa secara langsung bersama masyarakat.

 

Untuk info lebih lengkap kamu bisa kunjungi link berikut : https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/

 

Source : https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/kampus-merdeka-mbkm/