ARTIKEL

16 Sep 2020

Study From Home IBI Kwik Kian Gie

Kuliah Online? No Worries

 

Halo sobat IBIKKG!

Pandemi COVID-19 telah merubah hidup banyak orang. Kini jarak semakin dibatasi dan kita tidak bisa bebas berkumpul seperti dulu lagi. Demikian halnya dengan semua kegiatan pendidikan, termasuk perkuliahan. Pendidikan kita yang biasanya dilaksanakan secara offline (tatap muka), kini harus dilakukan secara daring (online). Eits! Jangan senang dulu. Perkuliahan secara online bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan dan seenaknya sendiri. Simak beberapa tips kegiatan yang dapat dilakukan dibawah ini untuk menjadikan perkuliahan online kalian lebih efektif dan berbobot.

  1. Ciptakan Suasana yang Kondusif atau Cari Tempat yang Tenang

Tentunya agar bisa belajar secara efektif, perlu diciptakan suasana yang kondusif pula. Misalnya, masuk ke dalam ruangan dan menutup pintu rapat-rapat. Kalian juga bisa meminta anggota keluarga yang lain untuk menjaga ketenangan selama perkuliahan online. Cara lainnya yang mungkin paling efektif adalah menggunakan earphone atau headset. Tapi ingat, volumenya jangan dipasang full ya sobat, sebab tidak baik bagi indra pendengaran kalian.

  1. Jangan Malas Mencatat

Memang materi biasanya akan diberikan oleh dosen setelah perkuliahan di Google Classroom. Namun ketika ujian nanti, daripada sibuk “membongkar-bongkar” 100 atau bahkan mungkin 200 lebih slide Power Point, tentu akan lebih efektif apabila selama kegiatan perkuliahan online kalian mencatat dan merangkum poin-poin penting yang disampaikan dosen. Disamping lebih ringkas, mencatat juga dikatakan efektif dalam membantu kalian menghafal dan memahami materi yang diberikan. Dan yang paling penting, mencatat dengan “bahasa” atau “istilah” kalian sendiri akan lebih efektif ketimbang membaca teks baku yang biasanya terdapat pada Power Point.

  1. Perhatikan Etika

Seperti yang sudah dikatakan di atas, kuliah online bukan berarti kalian bisa seenaknya sendiri. Tetap ada beberapa etika dan aturan yang harus diperhatikan. Kenapa demikian? Karena dalam rangka menghargai dan menghormati bapak/ibu dosen yang telah berjuang “memahami” teknologi demi mendidik kalian. Anak muda seperti kita tentu sudah tidak asing lagi dengan sesuatu yang seperti ini (Zoom & Google Meet). Bahkan sebelum dua aplikasi itu terkenal, beberapa dari kita mungkin sudah banyak yang pernah “bermain” Skype.

Beberapa etika tersebut misalnya hadir tepat waktu serta berpakaian rapi dan sopan. Meskipun di rumah sendiri, alangkah lebih baik apabila menggunakan pakaian demikian. Gunakan virtual background jika kalian tidak berada di lokasi yang sepi, sehingga tidak terlihat orang lalu-lalang di belakang kalian yang sekiranya dapat menganggu konsentrasi. Last but not least, jangan lupa untuk mute mikrofon kalian agar tidak mengganggu jalannya perkuliahan.

  1. Perhatikan Presensi

Pada umumnya, sebelum perkuliahan dimulai dosen akan memposting sebuah google forms di classroom yang harus kalian isi sebagai bukti kehadiran kalian dalam mengikuti perkuliahan. Sangat disayangkan jika kalian sudah capek-capek mengikuti kegiatan perkuliahan tetapi ternyata dianggap tidak hadir. Presensi juga penting sebagai prasyarat kalian mengikuti UAS. Jadi ingat, Jangan lupa mengisi presensi ya sobat!

  1. Inisiatif

Jika ada materi yang terasa belum begitu paham, maka kalian yang harus berinisiatif untuk bertanya. Kalian tidak bisa mengandalkan dosen untuk memaparkan semua materi secara jelas, karena dosen sendiri tidak mengetahui bagian materi mana yang dirasa belum begitu jelas. Kalau kalian belum paham juga, cobalah berinisiatif, baik itu langsung bertanya ke dosen di luar jam perkuliahan (agar tidak menganggu jalannya perkuliahan) atau meminta teman kalian yang sudah paham untuk menjelaskan. Biasanya dengan “bahasa teman” akan lebih efektif.

Materi yang satu dengan materi lainnya biasanya berkaitan. Kalau kalian “membiarkan” ketidakpahaman kalian, maka ketika dosen menjelaskan materi berikutnya kalian akan semakin tidak paham.

Nah, demikian beberapa tips kegiatan yang dapat dilakukan saat perkuliahan online agar lebih efektif dan berbobot. Jaga kesehatan dan tetap semangat ya sobat. Ingat! Jadilah mahasiswa/i yang membawa perubahan, seseorang yang tak ragu untuk menyampaikan pendapat.

Take care and Good Luck!