04 Aug 2020

Tips Cara Sukses Belajar Mahasiswa

Dunia perkuliahan mempunyai sistem pembelajaran yang berbeda dengan yang biasa kamu rasakan sewaktu masih berada di tingkat SMA/SMK. Ketika masih di bangku SMA/SMK, rasanya sekolah itu terasa berat, karena menuntut kamu untuk belajar seharian penuh, dari pukul 07.00-16.00. Tidak jarang yang bahkan baru pulang lebih dari pukul 17.00, karena memiliki jadwal praktikum atau mengikuti kegiatan sekolah lainya. Kondisi ini berbeda dengan dunia perkuliahan. Pada saat kuliah, jadwal belajar bergantung kepada jumlah mata kuliah dan SKS yang kamu ambil. Bisa jadi dalam sehari kamu akan belajar hanya dua jam, dan bahkan tidak memiliki jadwal sama sekali di hari lainnya. 

Saat libur sekolah saat masih SMA/SMK, mungkin kamu terbiasa menghabiskannya dengan berlibur atau bermain sesuka hati. Hal berbeda akan kamu rasakan saat menjadi mahasiswa. Meski waktu perkuliahan terbilang singkat, tapi waktu kamu akan banyak tersita untuk menyelesaikan tugas dari setiap mata kuliah, bahkan mahasiswa harus memotong waktu istirahatnya demi menyelesaikan tumpukan tugas tersebut. 

Dengan segala tuntutan tugas yang memiliki tingkat kerumitan yang jauh lebih tinggi, tidak jarang membuat mahasiswa merasa stres dan menyerah. Banyak pula yang harus mengulang berkali-kali demi bisa lulus di satu mata kuliah. Meskipun begitu, seluruh kondisi ini akan mengantarkan kamu untuk bisa sukses dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti. Jadi, jangan takut untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Quipperian. Agar sukses saat kuliah nanti, ikuti 4 tips cara belajar mahasiswa berikut ini

1. Manajemen waktu yang baik

Untuk dapat menyelesaikan masa pembelajaran selama menjadi mahasiswa, kamu harus bisa mengatur waktu yang kamu miliki dengan baik. Manajemen waktu yang tepat dapat membuat kamu melalui kehidupan perkuliahan dengan lebih mudah. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan tugas atau mempelajari suatu mata kuliah hanya dalam satu hari. Sebaliknya, sering-seringlah melakukan review mata kuliah di sela waktu luangmu. Pastikan juga gunakan waktu yang efektif untuk beristirahat, karena untuk bisa sukses saat kuliah nanti, kamu juga harus memiliki kesehatan yang prima. 

2. Motivasi yang kuat

Selama menjadi mahasiswa, ada saatnya kamu akan merasa berada di titik jenuh dan membuat kehidupan kuliah menjadi terasa lebih berat, dan mungkin akan memaksa kamu untuk menyerah, lalu berasumsi bahwa kamu sudah salah memilih jurusan. Jangan langsung merasa gagal dan menyerah Quipperian! Ingat kembali motivasi yang kamu miliki saat memilih untuk melanjutkan studi di kampus tersebut, khususnya setiap kali kamu merasa lelah. Satu hal yang harus kamu miliki untuk menghindari hal tersebut adalah dengan memiliki motivasi yang kuat. Jadikan motivasi itu sebagai bahan bakar untuk memacu semangat agar bisa kembali bangkit dan lari lebih kencang. 

3. Menjadi mahasiswa yang aktif

Menjadi seorang mahasiswa itu tidak bisa hanya mengandalkan diri sendiri tanpa berhubungan dengan siapa pun. Selama masa perkuliahan, kamu akan sering dihadapkan dengan kondisi yang harus diselesaikan secara berkelompok. Jadilah mahasiswa aktif yang membangun hubungan dengan teman satu angkatan, kakak tingkat, adik tingkat, alumni, juga para staf ataupun dosen. Kamu akan mendapatkan kemudahan dan saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang mungkin tidak mampu kamu selesaikan sebelumnya. Di samping itu, aktif dalam berorganisasi juga merupakan hal penting, agar kamu memiliki bekal soft skillyang dapat menunjang di masa yang akan datang. 

4. Mengelola tingkat stres

Meski memiliki banyak tugas atau menghadapi berbagai kesulitan lainnya saat kuliah, belajarlah untuk bisa mengelola tingkat stres yang kamu rasakan. Jangan biarkan sedikit demi sedikit rasa stres itu menumpuk dan mengganggu fokus kamu dalam belajar. Sesekali pergilah berlibur, berkumpul dengan teman-teman, atau melakukan hobi yang kamu suka, untuk bisa menjernihkan pikiran kamu dan kembali fresh

sumber : https://www.quipper.com/id/blog/quipper-campus/campus-info/p-unjani-cara-belajar-mahasiswa/