04 Aug 2020

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Yang kita ketahui, Komunikasi dibutuhkan dalam segala hal yang kita lakukan karena pada dasarnya Ilmu Komunikasi merupakan dasar ilmu sosial. Tidak dipungkiri prospek lulusan Ilmu Komunikasi sangat luas, lulusan Ilmu Komunikasi tidak hanya berkecimpung di industri media saja melainkan dapat bekerja di berbagai organisasi. Sekarang ini, media komunikasi menjadi sangat penting dalam penyampaian informasi yang cepat dan akurat. Berikut merupakan prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi yang perlu kamu ketahui : 

1. Blogger

Lulusan Ilmu Komunikasi tentu akan berpeluang besar menjadi seorang blogger mengingat kemampuan menulis dan mencari berbagai informasi. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, memposting gambar di media social dan menulis blog yang dikunjungi oleh banyak orang akan menjadi bisnis yang menguntungkan.

2. Presenter

Presenter menjadi suatu pekerjaan yang menyenangkan karena membawakan acara, event, maupun sebagai pembicara suatu kegiatan.

3. Photographer

Seorang photographer harus mampu dan mempunyai ide yang kreatif dan dapat merencanakan serta mempersiapkan proses foto.

4. Wartawan 

Menjadi seorang wartawan bukan merupakan pekerjaan yang mudah, dibutuhkan keberanian dan komitmen yang besar. Wartawan bertugas untuk menuliskan dan melaporkan berita (informasi) dari suatu kejadian.

5. Youtube

Perkembangan teknologi dan dunia internet semakin cepat termasuk media online seperti youtube. Banyak sekali orang yang ingin menjadi youtuber, lulusan komunikasi pastinya dapat menjadi seorang youtube dengan kemampuan berbicara dan content creator.

6. Penyiar Radio

Radio tetap menjadi salah satu alat komunikasi yang masih eksis dan populer di masyarakat. Penyiar radio bertugas untuk menyampaikan informasi kepada para pendengar radio serta menghibur para pendengar.

7. Designer Grafis

Designer grafis berperan dalam menciptakan tipografi, ilustrasi dan grafis yang digunakan untuk menyampaikan informasi suatu produk dalam bentuk design yang menarik.

8. Web Designer

Web Designer bertugas untuk merancang tata letak layout website sehingga tampilannya menarik dan menambah user experience dari penggunjung.

9. EO (Event Organizer)

Eo sangat membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Eo bertanggung jawab dalam mengadakan berbagai jenis kegiatan atau acara.

10. Copywriter

Copywriter mempunyai tujuan untuk memasarkan dan mempromosikan sebuah barang atau jasa. Seorang copycwriter harus mampu membuat para pembacanya menjadi tertarik dengan tulisannya.

Berikut adalah beberapa prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi untuk kamu yang merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang dibahas di atas jangan khawatir. Karena masih banyak lagi prospek kerja Ilmu Komunikasi lainnya yang dapat kamu explorasi. Prospek kerja tersebut dapat kamu pilih sesuai minat dan bakatmu. Jadi tunggu apa lagi? Mulailah untuk mencari pengalaman dengan mencoba mengikuti magang kerja dari sekarang. Selamat mencoba teman-teman!