23 Jul 2024
Pelatihan Karyawan PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL): “Overcoming Stage Fright in Public Speaking”
“There are always three speeches for every one you actually gave.
The one you practiced, the one you gave, and the one you wish you gave”
(Dale Carnegie)
“Overcoming Stage Fright in Public Speaking” menjadi tema pelatihan yang disajikan oleh Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie kepada 34 karyawan PT Salam Pacific Indonesia Lines. Inilah perwujudan pengabdian bagi masyarakat di kawasan industri Jakarta Utara yang diselenggarakan pada hari Rabu, tanggal 21 dan 28 Februari 2024, pukul 15.00 – 17.00 WIB.
Pelatihan difasilitasi oleh tim pengajar yang berkompeten di bidang komunikasi publik, antara lain: Dr. Imam Nuraryo, M.A. (Comms) selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer dan Komunikasi, serta Dra. Criana Mardewi, M.M. dari Program Studi Manajemen.
Ryan Prasetya selaku Human Capital Manager berkeyakinan pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan komunikasi karyawan, meliputi: peningkatan kepercayaan diri, terstrukturnya sistematika berbicara, kejelasan artikulasi, dan intonasi bicara. Alhasil berbekal kemampuan komunikasi inilah maka karyawan akan dimampukan untuk berinteraksi secara efektif ketika pemaparan materi di sesi rapat kerja internal maupun ketika proses komunikasi dengan klien secara profesional.
Sesi akhir pelatihan ditutup dengan simulasi public speaking yang dilakukan oleh peserta secara berkelompok dan diberikan umpan balik segera oleh trainer. Antusiasme peserta terlihat nyata di setiap sesi pelatihan. Inilah bekal berharga berupa tips dan trik yang jitu untuk diterapkan oleh Anda yang ingin meningkatkan keterampilan komunikasi:
1. Atasi rasa takut dan/atau gugup dengan menguasai empat kunci public speaking yaitu kuasai diri sendiri, kuasai materi, kuasai audiens, dan kuasai delivery.
2. Kuasai diri sendiri dengan mengendalikan emosi, pikiran, dan perilaku saat berbicara di depan umum.
3. Kuasai materi dengan memberikan presentasi yang informatif, meyakinkan, dan memikat bagi audiens.
4. Kuasai audiens dengan kemampuan untuk memahami, berinteraksi, dan terhubung secara efektif dengan audiens selama presentasi atau pidato.
5. Kuasai delivery yaitu kemampuan untuk menyampaikan pesan atau materi presentasi dengan cara yang menarik, jelas, dan meyakinkan.
“Komunikasi yang efektif membantu tim mengerjakan proyek yang tepat dengan sikap yang benar.”
(Alex Langer)
Semangat belajar dan berkreasi, serta yang terpenting tekunlah berlatih
agar terampil berkomunikasi secara efektif dan efisien !
Penulis: Dra. Criana Mardewi,M.M.
Editor: Olivia Rumahpasal, S.Psi., M.Si.