13 Nov 2023

Pengertian Organisasi, Tujuan dan Prinsip

Apa yang Dimaksud Dengan Organisasi?

Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian, organisasi adalah suatu bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dan dalam ikatan itu terdapat seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan.

Sementara dalam dunia bisnis, organisasi merupakan sekelompok orang yang melakukan kolaborasi untuk mencapai tujuan secara komersial dengan struktur yang jelas serta memiliki budaya kerja khusus.

Organisasi Menurut Para Ahli

Dikutip dari berbagai sumber, di bawah ini ada beberapa pengertian organisasi menurut para ahli.

Stephen P. Robbins

Organisasi merupakan suatu kesatuan sosial yang dikoordinasikan dengan batasan-batasan yang relatif dapat diidentifikasi dan bekerja terus menerus untuk mencapai tujuan bersama.

James D. Mooney

Organisasi adalah suatu bentuk perserikatan orang atau sekelompok manusia untuk mencapai tujuan bersama yang telah disepakati.

Oliver Sheldon

Pengertian organisasi adalah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melaksanakan tugas-tugas terkait, memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia.

Tujuan Organisasi

Di bawah ini adalah beberapa tujuan organisasi yang secara umum banyak dijadikan sebagai acuan dalam pembangunan sebuah organisasi, yaitu:

  1. meningkatkan kemandirian serta kemampuan dari sumber daya yang dimiliki,
  2. menjadi wadah yang membantu mencari keuntungan bersama-sama dengan kerja sama yang sudah terbagi dengan baik, .
  3. menjadi wadah yang digunakan untuk individu yang memang ingin memiliki jabatan, penghargaan serta pembagian kerja yang jelas,
  4. menjadi wadah untuk memiliki pengawasan dan kekuasaan,
  5. membantu setiap individu yang ada di dalamnya agar dapat meningkatkan pergaulan serta memanfaatkan waktu luang secara lebih optimal serta bermanfaat,
  6. membantu untuk pengelolaan lingkungan bersama-sama,
  7. Mencapai tujuan secara efektif dan efisien sesuai dengan yang telah menjadi maksud awal sebuah organisasi.

Prinsip Organisasi

Di bawah ini ada beberapa pendapat dari dua orang ahli tentang prinsip organisasi.

L. P. Alford Dan Russel Beatty

Dalam tulisannya yang berjudul Principle of Industrial Management, L. P. Alford dan Russel Beatty (1951) mengatakan, ada 7 prinsip organisasi.

  1. Prinsip tujuan atau principle of objective
  2. Prinsip wewenang dan tanggung jawab atau principle of authority and responsibility
  3. Prinsip wewenang pokok atau principle of ultimate authority
  4. Prinsip penugasan kewajiban-kewajiban atau principle of assignment to duties
  5. Prinsip definisi atau principle of definition
  6. Prinsip kesamaan atau principle of homogeneity
  7. Prinsip efektivitas organisasi atau principle of organization effectiveness

Henry Fayol

Ada 14 prinsip yang dikemukakan oleh Henry Fayol, seperti yang dikutip oleh Huse dan Bowditch (1977). Berikut ini 14 prinsip organisasi,

  1. Pembagian kerja atau division of work
  2. Wewenang dan tanggung jawab atau authority and responsibility
  3. Kesatuan perintah atau unity of command
  4. Disiplin atau discipline
  5. Kesatuan arah atau unity of direction
  6. Kepentingan individu di bawah kepentingan umum atau subordination of individual interest to general interest
  7. Gaji pegawai atau remuneration of personnel
  8. Sentralisasi atau centralization
  9. Saluran jenjang atau scalar chain
  10. Ketertiban atau order
  11. Keadilan atau equity
  12. Kestabilan masa kerja pegawai atau stability of tenure of personnel
  13. Inisiatif atau initiative
  14. Kesatuan jiwa korps atau esprit de corp

 

Source : https://majoo.id/solusi/detail/organisasi-adalah