20 Sep 2023
Analisis SWOT: Arti dan cara menggunakannya
Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. SWOT merupakan akronim dari kata: kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT.[1]
SWOT melibatkan penentuan tujuan spekulasi bisnis atau proyek yang spesifik dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak mendukung dalam mencapai tujuan tersebut. Proses ini akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.
Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang memengaruhi keempat faktornya,Dibagi menjadi
- kekuatan (strengths) yang mampu mengambil keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada,
- kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan dari peluang (opportunities) yang ada,
- kekuatan (strengths) yang mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan
- kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan
Salah satu cara paling populer untuk membuat analisis SWOT adalah dengan merepresentasikan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman secara visual. Format ini disebut matriks SWOT. Biasanya diatur menjadi empat kotak terpisah yang bertemu untuk membuat satu kotak yang lebih besar.
Matriks SWOT sangat bagus untuk mengumpulkan informasi dan mendokumentasikan pertanyaan untuk membuat keputusan. Tidak hanya berguna untuk referensi yang akan datang, tetapi juga bagus untuk memvisualisasikan pola apa pun yang muncul.
Cara melakukan analisis SWOT
Analisis SWOT dapat dilakukan dalam berbagai cara. Beberapa tim suka bertemu dan melempar ide, tetapi yang lain lebih suka membuat matriks SWOT formal. Apapun yang dipilih untuk membuat analisis SWOT Anda, berpikir kreatif dengan proses perencanaan memungkinkan ide-ide baru mengalir dan menghasilkan solusi yang lebih unik.
Ada beberapa cara untuk memastikan bahwa analisis SWOT Anda menyeluruh dan dilakukan dengan benar. Misalnya, mengumpulkan tim pada saat yang kondusif untuk kerja tim, mempersiapkan sebelumnya sehingga waktu digunakan secara efisien, dan berpikir kreatif saat memilih berbagai ide. Mari kita lihat lebih dekat beberapa kiat untuk membantu Anda memulai.
source : https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT