Talkshow & Perlombaan Program Studi Ilmu Komunikasi Kampus Kwik Kian Gie School Of Business 18 Mei 2016

IMG_0378

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Perkembangan media saat ini selalu mengalami kemajuan yang signifikan. Kemajuan tersebut ternyata memberikan dampak yang positif  bagi perubahan aktivitas manusia yang berhubungan dengan media. Banyak sekali fenemona-fenomena baru bermunculan sebagai pengaruh dari perkembangan media ini. Adapun pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan insan muda yang kreatif dalam menggunakan media digital sebagai media yang tepat guna, serta mendorong kawula muda untuk berani mengeksplorasi minat dan bakat yang terpendam dalam dirinya, menumbuhkan semangat kawula muda untuk berprestasi dan berkompetisi secara sehat dan sportif, serta meningkatkan kualitas berkomunikasi dalam memanfaatkan berbagai media dengan positif, kreatif, aktif, kritis dan menyenangkan. Sehingga tema kegiatan dinamakan “POMADE” (Phenomenon of Media Dependency).

Kegiatan “POMADE” terbagi menjadi dua acara besar yaitu Talkshow dan perlombaan (Lomba Stand-Up Comedy dan Lomba English Debate) yang terkait dengan penggunaan media yang kreatif dan inovatif. Berbagai kegiatan tersebut diikuti oleh beberapa pelajar SMA se-DKI Jakarta dan sekitarnya. Talkshow dengan tema“How to be Creative on Social Media” merupakan salah satu acara bincang-bincang dan diskusi yang dikemas secara santai namun bersifat informatif dan inspiratif. Disini, talkshow yang akan diselenggarakan bertujuan untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada pelajar SMA untuk menggunakan terknologi dan media sosial dengan baik dan benar sehingga akan tercipta insan muda yang kreatif di masa depan.  Pembicara dalam talkshow tersebut adalah Deavvy M. R. Y. Johassan, S.Sos., M.Si. (Ketua PS Ilmu Komunikasi Kwik Kian Gie School of Business), Samuel Halim dan kawan-kawan, entrepreneur muda berbakat di bidang event organizing (Alumni PS Ilmu Komunikasi 2006), dan Josephine Gabriella, seorang Youtuber muda berbakat  (Mahasiswi PS Ilmu Komunikasi  2013).

Dalam Lomba English Debate yang mengusung tema “The Power of Media Communication” diharapkan dapat memotivasi kawula muda dalam menyampaikan pendapat tentang perkembangan media komunikasi dan perkembangan teknologi komunikasi kedepannya. Salah satu tantangan yang akan didapatkan oleh peserta lomba Debat ini adalah kemampuan berargumentasi dengan menggunakan Bahasa Inggris. Karena saat ini kemampuan bahasa inggris sangat diperlukan dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dengan baik dan berdaya saing kuat. Selain  lomba tersebut, dalam kegiatan POMADE juga diselenggarakan Lomba Stand–Up Comedy yang kini menjadi suatu kegiatan yang menghibur sekaligus memberikan inspirasi yang mencerahkan.
Adapun  pemenang dari tiap lomba adalah sebagai berikut:
Lomba English Debate
Pemenang I – Team SMA Kesatuan, Bogor:  Rafael Sandhya Dhamarjati, Gabriella Patricia, Meilonia Azzahra M.N.

Pemenang II – Team SMAK 5 Penabur, Jakarta: Celine Husada, Valencia Hadinata, Vanessa Ivani

Pemenang III – Team SMAK 5 Penabur, Jakarta: Alexandra Angeline, Julia Stefanny T., Aditya P.B.

Lomba Stand-Up Comedy

Pemenang I – SMK 6 Bekasi: Fajar Abdurazzaq

Pemenang II – SMK Dharma Surya, Bekasi: Hindami Syarafi

Pemenang III – SMK Al-Bahri, Bekasi: Egi Argiansyah

 

 

Comments: no replies

Join in: leave your comment