Pengelola Program Studi

Carmel Meiden

Dr. Carmel Meiden, SE., M.Si., Ak., CA.
Ketua Program Studi Akuntansi

Selayang Pandang

Selamat datang di Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, gerbang Anda menuju dunia profesional akuntansi. Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie telah berdiri sejak tahun 1987 dan merupakah salah satu program unggulan di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie telah diakui eksistensinya di dunia bisnis. Hal ini terbukti dengan tingginya tingkat penyerapan terhadap lulusan Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie dan besarnya minat para pelaku dunia bisnis untuk bekerjasama dan merekrut lulusan kami.
Kami menawarkan pendidikan akuntansi yang mengajarkan ilmu akuntansi sekaligus mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga profesional siap pakai dengan kemampuan intelektual, analitikal, personal dan teknologi yang memadai. Lulusan-lulusan kami terbukti telah mampu membuktikan diri menjadi tenaga-tenaga akuntan handal yang sangat dicari.
Komitmen Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie untuk dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus membangun daya pikir dan karakter peserta didik. Bersama, kami yakin Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie mampu berkontribusi bagi Indonesia untuk menciptakan tenaga-tenaga akuntan yang kompeten yang siap membangun bangsa.

we educate future business professionals, corporate leaders and entrepreneurs

Visi dan Misi Program Studi

Visi

Visi Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie adalah menjadi salah satu program studi ilmu akuntansi terkemuka di Indonesia 2030 dalam proses belajar mengajar yang berwawasan regional dan internasional, dengan kualitas standar berdasarkan ”world class university”, dikenal oleh masyarakat luas, serta diakui oleh dunia usaha.

Misi

Misi Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie adalah:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran bermutu tinggi dalam bidang akuntansi, dengan pendekatan yang menekankan keseimbangan dinamik antara substansi teori dengan relevansi praktik.
  2. Mendorong tumbuhnya kegiatan penelitian bermutu tinggi dalam bidang akuntansi, dengan pendekatan yang menekankan pada interaksi antara dosen dan mahasiswa, serta diarahkan kepada kegiatan penelitian empirik-terapan.
  3. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan kompetensi Program Studi Akuntansi. Menyediakan forum interaksi yang kondusif sinergistik bagi para pembelajar dan praktisi dibidang akuntansi untuk berbagai kegiatan diskusi, seminar, publikasi, dan konsultasi.

Pengelola Program Studi

Yustina Triyani

Dra. Yustina Triyani, MM., M.Ak.
Sekretaris Program Studi Akuntansi

Profil Lulusan

Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie secara umum akan menghasilkan lulusan yang bisa berperan di masyarakat sebagai:

  • Auditor pada Kantor Akuntan Publik, Pemerintah atau Perusahaan.
  • Akuntan Manajemen di Perusahaan.
  • Konsultan bidang akuntansi dan perpajakan.

Secara khusus, prospek karir lulusan Program Studi Akuntansi sesuai dengan konsentrasi yang diambil adalah sebagai berikut:

  • Konsentrasi Pemeriksaan Akuntan
    • mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi auditor yang kompeten dan independen. Prospek karir lulusan adalah: Public Accountant, Internal Auditor, Accounting Manager, General Accountant, Credit Analyst, Financial Statement Analyst.
  • Konsentrasi Akuntansi Manajemen
    • mempersiapkan mahasiswa untuk mampu menganalisis dan membuat laporan keuangan operasional untuk pengambilan keputusan manajemen yang tepat. Prospek karir lulusan adalah: Accounting Manager, Controller, Credit Analyst, Financial Statement Analyst, Management Accountant, Management Consultant, Investor Relations.
  • Konsentrasi Perpajakan
    • mempersiapkan mahasiswa untuk handal di bidang perpajakan dan memahami regulasi perpajakan serta mampu melakukan analisis atas kasus-kasus perpajakan orang pribadi maupun perusahaan dengan didukung oleh fasilitas Tax Center. Prospek karir lulusan adalah: Tax Consultant, General Accountant, Accounting Manager, Financial Statement Analyst.