Pengelola Program Studi
Dr. Hanif Ismail, S.E., M.M., M.Ak.

                    Dr. Hanif Ismail, S.E., M.M., M.Ak.                   Ketua Program Studi Akuntansi

Selamat datang di Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, gerbang Anda menuju dunia profesional akuntansi. Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie telah berdiri sejak tahun 1987 dan merupakah salah satu program unggulan di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie telah diakui eksistensinya di dunia bisnis. Hal ini terbukti dengan tingginya tingkat penyerapan terhadap lulusan Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie dan besarnya minat para pelaku dunia bisnis untuk bekerjasama dan merekrut lulusan kami. Kami menawarkan pendidikan akuntansi yang mengajarkan ilmu akuntansi sekaligus mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga profesional siap pakai dengan kemampuan intelektual, analitikal, personal dan teknologi yang memadai. Lulusan-lulusan kami terbukti telah mampu membuktikan diri menjadi tenaga-tenaga akuntan handal yang sangat dicari. Komitmen Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie untuk dapat memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus membangun daya pikir dan karakter peserta didik. Bersama, kami yakin Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie mampu berkontribusi bagi Indonesia untuk menciptakan tenaga-tenaga akuntan yang kompeten yang siap membangun bangsa.

we educate future business professionals, corporate leaders and entrepreneurs

Visi

Visi Program Studi Akuntansi tahun 2032 dapat dinyatakan sebagai berikut:

Menjadi salah satu program studi yang unggul dan terkemuka di bidang Akuntansi dan Perpajakan di Indonesia yang mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berwawasan internasional.

Selanjutnya, terkait atas pemastian atas pencapaian serta pemenuhan visi berdasarkan kepemilikan sumber daya internal, kemudian dapat dinyatakan bahwa terdapat 3 aspek kunci, yakni: unggul, terkemuka dan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berwawasan internasional, yang pada kalimat pernyataan visi kemudian dijelaskan berikut ini:

Menjadi program studi yang unggulMaksud kata unggul yaitu keinginan program studi yang sangat kuat untukmemiliki keunggulan di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian danpengabdian kepada masyarakat. Keinginan tersebut juga ditopang melaluikeberadaan Sumber Daya Manusia berkualitas, lulusan berdaya saing,ketersediaan infrastruktur, pengelolaan yang transparan dan akuntabel melaluiukuran sebagai berikut:

a) Pendidikan dosen minimal magister dan sebagian dosen berpendidikan doktor yaitu doktor bidang akuntansi serta sudah memiliki jenjang jabatan akademik lektor kepala dan guru besar.

b) Pelibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran dengan pendekatan StudentCentered Learning melalui pelaksanaan perkuliahan dua arah, presentasi studikasus, berdiskusi, menggunakan bahan ajar dari internet dan juga berbagaiartikel

c) Isi pembelajaran sudah melampaui Standar Nasional Pendidikan Tinggi yaitu kurikulum serta bahan ajar berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia serta telah diselaraskan terhadap kebutuhan dunia kerja dan dunia industri sekaligus memiliki daya saing global.

d) Materi serta proses pembelajaran mengikutsertakan stakeholder terkait sehingga terjalin link and match antara dunia akademisi dengan dunia praktik. Melalui pembelajaran tersebut, mahasiswa akan memiliki keunggulan yaitu: memahami dengan baik atas konsep ilmu, serta memahami juga situasi praktik, dengan berinteraksi langsung terhadap dunia usaha dan dunia industri.

e) Proses pembelajaran dilakukan dengan cara kualitas premium. Pemantauan pelaksanaan proses perkuliahan secara harian dilakukan oleh Unit Pemantauan Perkuliahan untuk perbaikan proses secara berkesinambungan.

f) Pemilikian prestasi akademik dan non akademik di tingkat nasional maupun

g) Keaktifan dosen dalam menulis karya ilmiah di berbagai media masa, yaitupada terbitan nasional maupun publikasi pada jurnal nasional dan

h) Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan reputasi nasional dan internasional melalui pemanfaatan kerjasama serta pendanaan penelitian dalam negeri dan luar negeri.

i) Pemilikan infrastruktur akademik dan non akademik dengan dasar teknologi informasi andal, cepat serta aman.

j) Tata kelola atas dasar profesionalitas yaitu mengedepankan pelayanan cepat tanggap dan cakap.

k) Kompetensi alumni yang berdaya saing regional, tampak dari penguasaan ketrampilan atas tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan multi masional atau perusahaan global.

l) Pemilikan sumber serta pengunaan anggaran atas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan asas transparansi dan akuntabilitas.

Menjadi program studi terkemukaMaksud kata terkemuka yaitu keinginan kuat Program Studi Akuntansi gunamemiliki kualitas unggul yang berwawasan regional dan internasional jugamendapat pengakuan dari berbagai pihak, diantaranya masyarakat, dunia usahadan pemerintah atas kinerja organisasi bidang Tata Kelola, Kepemimpinan danPengelolaan Program Studi Akuntansi dengan ukuran sebagai berikut:

a) Menjadi salah satu dari Program Studi Akuntansi yang terakreditasi A dariBAN

b) Menjadi salah satu Program Studi Akuntansi unggulan pada Kopertis wilayah III, tingkat nasional dan tingkat regional.

c) Pemilikan jejaring kerjasama internasional di tingkat Asia Tenggara, Asia, Eropa dan Australia.

d) Pemilikan dosen pembina yang aktif terhadap pengembangan Perguruan Tinggi di Indonesia dan kawasan Regional Asia Tenggara.

e) Kemandirian Program Studi Akuntansi terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Menjadi program studi yang menghasilkan Sumber Daya Manusiaberwawasan internasionalYang dimaksud dengan program studi yang menghasilkan Sumber DayaManusia berwawasan internasional adalah bahwa lulusan diakui secaraprofesional oleh dunia usaha dan dunia industri serta berwawasan internasionalsebagai berikut:

a) Lulusan menjadi pilihan utama bagi masyarakat khususnya perusahaanmultinasional yang ingin merekrut lulusan di bidang Akuntansi danPerpajakan dengan penguasaan pengetahuan serta kemampuan kerja yang

b) Melaksanakan kerjasama dengan perguruan tinggi asing terkait aktivitas

c) Karya-karya tridarma mahasiswa dan dosen dipublikasikan pada seminar dan jurnal internasional melalui kerjasama dengan perguruan tinggi asing.

Misi

Misi Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie adalah sebagai berikut:

    • Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran bermutu tinggi di bidang akuntansi dan perpajakan, melalui pendekatan dengan menekankan keseimbangan yang dinamik antara substansi teori dan relevansi praktik.
    • Mendorong tumbuhnya penelitian bermutu tinggi di bidang akuntansi dan perpajakan, melalui pendekatan dengan menekankan interaksi antara dosen dan mahasiswa, yang diarahkan pada kegiatan penelitian empirik atau terapan.
    • Menjalankan program pengabdian kepada masyarakat yang memiliki relevansi terhadap kompetensi Program Studi Akuntansi.
    • Menjalankan tata kelola tridarma yang baik yang diakui oleh masyarakat dan dunia usaha dan dunia industri.

Prospek Karir

Program Studi Akuntansi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie secara umum akan menghasilkan lulusan yang bisa berperan di masyarakat sebagai:

  • Auditor pada Kantor Akuntan Publik, Pemerintah atau Perusahaan.
  • Akuntan Manajemen di Perusahaan.
  • Konsultan bidang akuntansi dan perpajakan.

Secara khusus, prospek karir lulusan Program Studi Akuntansi sesuai dengan konsentrasi yang diambil adalah sebagai berikut:

  • Konsentrasi Pemeriksaan Akuntan
    • mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi auditor yang kompeten dan independen. Prospek karir lulusan adalah: Public Accountant, Internal Auditor, Accounting Manager, General Accountant, Credit Analyst, Financial Statement Analyst.
  • Konsentrasi Akuntansi Manajemen
    • mempersiapkan mahasiswa untuk mampu menganalisis dan membuat laporan keuangan operasional untuk pengambilan keputusan manajemen yang tepat. Prospek karir lulusan adalah: Accounting Manager, Controller, Credit Analyst, Financial Statement Analyst, Management Accountant, Management Consultant, Investor Relations.
  • Konsentrasi Perpajakan
    • mempersiapkan mahasiswa untuk handal di bidang perpajakan dan memahami regulasi perpajakan serta mampu melakukan analisis atas kasus-kasus perpajakan orang pribadi maupun perusahaan dengan didukung oleh fasilitas Tax Center. Prospek karir lulusan adalah: Tax Consultant, General Accountant, Accounting Manager, Financial Statement Analyst.

Kegiatan Program Studi

  • Seminar Tax Amensty, 1 Juni 2016 Auditorium IBI KKG