Mengapa memilih Program Studi Manajemen IBI KKG?

test caption

Setidaknya terdapat 8 alasan untuk memilih Program Studi  Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.  Alasan tersebut antara lain adalah:

1. Program Studi Manajemen merupakan Program Studi dengan lapangan kerja terluas

Setiap organisasi baik itu bisnis ataupun non bisnis, memiliki fungsi-fungsi manajemen, seperti fungsi pemasaran, fungsi keuangan, fungsi organisasi dan sumber daya manusia, serta fungsi produksi.  Program Studi Manajemen Kwik Kian Gie School of Business mengajarkan semua fungsi tersebut dan mahasiswa memilih satu fungsi sebagai kekhususannya.

2. Proses Pembelajaran dengan kualitas Premium,

Program Studi Manajemen memiliki akreditasi A, menyelenggarakan proses pendidikan dengan kualitas ‘premium’.  Proses pendidikan dilaksanakan secara sangat teratur, sebanyak 14 kali pertemuan setiap semester, dan durasi perkuliahan selama 180 menit untuk setiap 3 SKS.  Dalam satu hari, Kwik Kian Gie School of Business menyelenggarakan 4 sesi perkuliahan yakni: 07.00-10.00; 10.00-13.00; 13.00-16.00 serta 16.00-19.00.  Sistem perkuliahan [presensi] mempergunakan ‘tapping’ presensi online; sehingga durasi perkuliahan, waktu perkuliahan dapat dipantau dengan baik.  Perkuliahan mempergunakan Standarisasi bahan ajar; dimana untuk mata kuliah yang sama, akan memiliki bahan ajar-bahan ujian yang sama, meskipun diajarkan secara parallel [banyak kelas/banyak dosen]; soal ujian sama (dibuat oleh tim dosen) sehingga tidak dimungkinkan adanya bias; Sistem Penilaian transparan dan terstruktur; dimana Ujian Tengah Semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS) dilaksanakan secara periodik (pada minggu VIII dan XVI, selama 2 minggu) dan berkas ujian dikembalikan pada mahasiswa;

Dosen tetap memiliki ruang kerja di lantai 07; sehingga sangat mudah untuk ditemui untuk berdiskusi berkenaan berbagai hal.

3. Perkuliahan dosen tamu praktisi serta kunjungan ke perusahaan

Secara teratur, PS Manajemen memfasilitasi mahasiswa dengan perkuliahan dosen tamu sebagai pelengkap perkuliahan reguler.  Selain itu Mahasiswa juga berkunjung pada perusahaan (termasuk Bursa Saham) untuk mengetahui proses bisnis dijalankan.  Biasanya kunjungan ke perusahaan dikoordinasikan antara dosen mata kuliah yang bersangkutan dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).  Beberapa perkuliahan tamu; kunjungan perusahaan sebagai berikut:

Penyerahan Cinderamata Oleh KPS Manajemen Kwik Kian Gie School of Business kepada PT Dapur Solo. Ibu Swan Kumarga dan keluarga berkenan memberikan pembekalan bagi mahasiswa baru untuk Mata Kuliah Pengantar Bisnis
Para Pengajar Sumber Daya Manusia berfhoto bersama Dengan Ibu Ani Kusumadewi setelah sesi perkuliahan umum
Ibu Ani Kusumadewi, S.E. M.M; Head of Human Resources at Muara Wisesa Samudra & Kencana Unggul Sukses saat memberi pembekalan kepada mahasiswa untuk mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia dengan tema Manajemen Sumber Daya Manusia menghadapi MEA. Sebagai profesional, Ibu Ani telah mencapai kedudukan puncak dalam bidang Human Resources Departement pada berbagai perusahaan. Ibu Ani adalah alumni Kwik Kian Gie School of Business, baik level S1 maupun level S2

Para Pengajar Mata Kuliah Pengantar Bisnis berfoto bersama setelah sesi Perkuliahan Umum yang disampaikan oleh Founder-PT Dapur Solo

 

Suasana perkuliahan umum oleh Bapak Paul F Sunardi, S.E.; M.M dengan thema Berbisnis antara Bakat dan Semangat di selenggarakan di Auditorium Kwik Kian Gie School of Business dengan suasana santai dan cozzy.  Bapak Paul adalah alumnus Kwik Kian Gie School of Business, saat ini sebagai pengusaha menjabat sebagai Direktur untuk PT Suritama Conforindo; Direktur PT. Dinamika Intraputra; Komisaris PT.  Grafindo Arta Persada ; Komisaris PT. Pentagardan Selaras  serta pemegang saham PT. Persada Asia Sanindo  dan pemegang saham PT. Buana Berdikari Mitra .  Para mahasiswa sangat antusias menyimak apa yang disampaikan oleh Bapak Paul.  Bapak Paul pun tak lupa memberikan ‘door price’ bagi penanya terbaik dalam sesi kuliah umum ini.

Bapak Paul memberikan hadiah bagi para penanya terbaik pada sesi kuliah umum, Berbisnis: antara bakat dan semangat
Bapak Paul F Sunardi pada sesi fhoto bersama setelah memberikan perkuliahan Tamu

Kuliah tamu lainnya dilaksanakan oleh Bapak Ir Fortuin, M.M selaku praktisi bisnis dengan tema mengelola Inventori.  Tampak mahasiswa dengan antusias menyimak penjelasan oleh Bapak Fortuin, berkenaan pentingnya memelihara inventori dan menjaga kepercayaan dari kreditur.

Pada sesi lain, mahasiswa berkesempatan melakukan kunjungan ke Bursa Efek Indonesia (BEI).  Dalam hal ini, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Peminatan Keuangan sebagai koordinator acara.  Bursa Efek Indonesia, merupakan penyelenggara transaksi pasar modal di Indonesia.  Saat ini kapitalisasi pasar Bursa berkisar Rp6400 Trilyun dengan besaran transaksi per hari rerata Rp7.5 Trilyun.  Tentunya nilai ini sangat besar, sehingga menarik perhatian mahasiswa untuk mengetahui lebih dekat berkenaan dengan BEI.  Dengan didampingi Pengajar Pasar Modal PS Manajemen Dr Pananda Pasaribu, mahasiswa tampak antusias mengikuti sesi kunjungan ke pasar Modal ini

4. Ruang kuliah (kursi theater) serta fasilitas pendukung lainnya modern;

Ruang kuliah di PS Manajemen Kwik Kian Gie School of Business sangat modern; dengan kursi model theater dan pendingin ruangan yang sempurna.  Di dominasi warna biru yang cerah diharapkan kegairahan belajar mahasiswa akan meningkat.  Suasana pembelajaran yang integratif, berdiskusi,  serta suasana akrab, menyertakan mahasiswa sebagai partisipan, akan mendorong daya nalar mahasiswa hingga titik optimal.

Para Mahasiswa asyik berdiskusi mengerjakan tugas/latihan berupa kasus
Kasus bisnis/kejadian yang terjadi dapat didiskusikan dengan baik melalui pembagian tugas memahami konsep dan data pendukungnya

5. Tenaga pengajar bergelar Profesor, banyak berpendidikan S3, tersebar di setiap kosentrasi program studi;

PS Manajemen Kwik Kian Gie School of Business memiliki belasan Doktor dan sebagian diantaranya adalah Profesor.  Beberapa dosen tersebut merupakan cendikiawan terkemuka berdasarkan ‘citation’ dari Google Scholar.  Sebagian tenaga pengajar ini telah bergabung dengan Kwik Kian Gie School of Business dalam waktu yang sangat lama (>20 tahun) memiliki pengalaman mengajar yang ‘mumpuni’. Pengajar juga berinteraksi dengan dunia usaha melalui ‘tenaga/pengajar pelatihan’ yang diselenggarakan oleh lembaga “Learning Centre and Advisory’ Kwik Kian Gie School of Business.

6. Pengajar menulis berbagai karya ilmiah, seperti artikel, buku teks, opini surat kabar, dll.

Pengajar PS Manajemen Kwik Kian Gie secara rutin menulis di Kolom Investor daily,  juga menulis buku teks untuk Perguruan Tinggi.   Tulisan popular ilmiah ini, sebagai bagian kontribusi penyebaran ilmu pada masyarakat luas.    Untuk Beberapa tulisan itu dapat ditelusuri sebagai berikut:

http://id.beritasatu.com/pages/search/index.php?keywords=said+kelana+asnawi

http://id.beritasatu.com/pages/search/index.php?keywords=hanes+riady

http://id.beritasatu.com/pages/search/index.php?keywords=hasan+zein+mahmud

http://id.beritasatu.com/pages/search/index.php?keywords=hanif+ismail

Buku

Sangat banyak pengajar PS Manajemen Kwik Kian Gie yang menulis buku, sebagai sumbangsih untuk bangsa dan pengejawantahan ilmu yang dimilikinya.  Diantara buku tersebut adalah sebagai berikut:

 

7. Learning Centre and Advisory

Pengajar berkesempatan berinteraksi dengan dunia bisnis melalui Learning Centre and Advisory (LCA), Lembaga Konsultan Kwik Kian Gie Business School.  Lembaga ini menjembatani aspek teoritis-praktis bukan hanya untuk Kwik Kian Gie School of Business tetapi juga stakeholder secara keseluruhan. Lembaga ini merupakan pengejawantahan simbiosis mutualisma antar stakeholder; diyakini akan memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa.

8. Alumni

PS Manajemen memiliki ribuan alumni tersebar di seluruh Indonesia bekerja maupun memiliki usaha pada skala besar, menengah dan kecil di berbagai sektor.  Di antara alumni tersebut sebagai berikut:

Shienna (Angkatan 2013). “perkuliahan di PS manajemen Kwik Kian Gie School of Business; adalah harmony antara knowledge-skill-network serta joyfull; saya mendapatkan pengetahuan; ketrampilan dan jaringan; selama masa kuliah dilalui dengan kegembiraan. Puji Tuhan, saya lulus pada Bulan April 2017 dan pada Bulan Mei 2017 saya telah bekerja di PT Nutrifood.
Andrian Handi Sutisna
Financial Analyst at PT Astra Honda Motor
Hardiman Tjen
Credit Analyst at PT Bank Central Asia Tbk
Ita Parahita
Media Outdoor / OOH Manager at PT HM Sampoerna Tbk
Rufina S
Treasury Supervisor at PT. Mitra Adiperkasa Tbk
Norman Tetelepta
Senior Vice President Partnership Business PT Manulife Indonesia
Erry Priolaksono MM,CMA, Int Cert in SCM, CIBA, CISCM
Head of Technology & Operations Business Finance and Procurement
United Overseas Bank Indonesia
Vicky G Saputra; Director & Corporate Secretary at Buana Listya Tama Tbk.
Anthony Jafari; President Director/CEO at PT Capital Life Indonesia

Comments: no replies

Join in: leave your comment