03 Aug 2022

Kutipan Tokoh Dunia “Marcus Aurelius”


Siapa Marcus Aurelius?
Dia adalah kaisar romawi yang suka merenung, termasuk tokoh filsafat, mengatakan kemarahan akan menambah parah keadaan yang sudah ada, jadi ketika ada yang berperilaku buruk kepada diri saya kemarahan yang saya lampiaskan malah akan semakin memperburuk keadaan, orang yang bijaksana

Kaisar Marcus Aurelius menghadapi perang dan pemberontakan sebagaimana kaisar Romawi pada umumnya, selama itu beliau terus merenung dan hasil renungannya masih tercatat dalam filsafat barat, ada yang menganggap pikiran Kaisar Markus Aurelius mirip paham Stoic(Stoa), ajaran ini bila dijelaskan menurut pendangan saya adalah untuk tidak menyesali hidup dan keadaan yang buruk karena pikiran yang buruk hanya menambah beban .

Apa itu Stoikisme?

Stoikisme adalah prinsip hidup yang bisa kita jalani untuk menghindari kecemasan berlebihan dan mempertahankan kedamaian kita sebagai manusia, memang prinsip ini jujur bisa membuat hidup diri kita menjadi lebih tenang dan damai. Beberapa prinsip atau bagian dari stoikisme:

1. “Hidup selaras dengan alam”, kita diciptakan di alam, alam tersebut akan memberikan kejadian yang saling berhubungan, ada sebab dan akibat, apa yang kita jalanin saat ini adalah akibat dari masa lalu dan menjadi sebab untuk masa depan. Kita tidak bisa mengelak hal tersebut. Misalnya, kita lahir karena adanya hubungan dari orang tua kita, kita marah karena sesuatu hal, dan kejadian-kejadian lainnya.
2. Manusia diciptakan sebagai makhluk yang berhati nurani dan berakal budi, hal inilah yang membedakan kita dengan binatang dan tumbuhan, jadi, apakah pantas kita memperlakukan orang lain seperti binatang? Bahkan kita tau binatang sendiri kadang lebih baik daripada manusia.
3. Di dunia ini kita mengenal adanya sesuatu yang bisa kita kontrol dan tidak bisa dikontrol. Fokus dengan sesuatu yang tidak bisa kita kontrol akan membawakan kesedihan dan kekecewaan. Pikiran dan tindakan kita adalah hal yang bisa kita kontrol. Hasil, perasaan orang lain, dan sebagainya adalah hal yang tidak sepenuhnya kita dapat kontrol.

#ibikkg #mondaymotivaton #kkg #quotes #lifetips #successtips #libur #kwikikiangie #kampusjakarta #kampussunter #fokus