06 Jul 2022

Tips – Tips Kuliah Sambil Bekerja

1. Atur waktu Anda

Waktu adalah uang, terutama ketika Anda menyeimbangkan kewajiban pekerjaan dengan perkuliahan. “Ketika Anda memilih untuk kuliah dan bekerja, Anda akan dihadapi banyak rintangan, dan waktu Anda menjadi benar-benar berharga,” ucap Scott Vail.

Untuk mencapai sukses pada waktu yang penuh stress ini, Vail menyarankan mahasiswa untuk mengatur waktunya dengan baik. “Anda harus menjadwalkan segalanya – waktu kelas, waktu belajar, waktu istirahat–jika Anda ingin sukses kedepannya,” tambahnya. Jika Anda sedang menjalankan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa, buat perencanaan waktu yang baik agar tetap ada waktu belajar.

2.  Manfaatkan kebiasaan Anda

“Jika Anda suka merencakan sesuatu, pastikan Anda jadwalkan tugas Anda di hari Anda bisa menyelesaikan tugas tersebut,” Malson sarankan sebagai contoh. “Jika Anda sering begadang atau bangun pagi, gunakan hal ini sebagai keuntungan, dan ketahui kapan Anda paling produktif.” Belajar pada pukul sembilan hingga sebelas malam setelah bekerja seharian mungkin bisa dilakukan oleh beberapa orang, Malson menambahkan, tetapi belum tentu demikian untuk orang lainnya.

3. Jaga kondisi diri Anda

Bahkan sesuatu yang sederhana seperti tidur di malam hari pun sudah cukup untuk membantu Anda menghadapi kesibukan esok harinya. “Meskipun Anda memiliki banyak hal yang Anda harus lakukan, Anda tetap butuh tidur,” ujar Raimondi. “Ketika tidur, tubuh Anda memperbaiki dirinya dan mempersiapkan Anda untuk hari esok. Jika tidak tidur, Anda akan sulit fokus dan produktif.” Raimondi juga menyarankan setidaknya satu jam tiap hari untuk istirahat dengan membaca buku atau menonton satu episode serial kesukaan Anda di Netflix.

“Anda mungkin mengira hal tersebut buang-buang waktu, tetapi istirahat justru akan membuat Anda lebih efisien dalam menjalani kewajiban sehari-hari,” ujar Alayna Pehrson, spesialis manajemen konten untuk Best Company. “Anda akan punya gaya hidup dan pemikiran yang lebih sehat ketika Anda akan bekerja dan kuliah. Tanpa waktu istirahat, Anda akan merasa kelelahan.”

4. Selalu ingat komunikasi

Yang kompeten sepertinya berada di tingkat terasa berbagai tips menjadi sukses di bidang apapun. Tetapi, dalam hal menyeimbangkan perkuliahan dan pekerjaan, komunikasi adalah kunci. “Memiliki metode komunikasi yang terbuka dengan manajer dan dosen Anda akan membantu Anda,” ucap Pehrson. “Pastikan Anda dengan dosen dan manajer Anda tidak berbeda pendapat. Seringkali, mereka akan turut membantu Anda jika Anda memiliki beban kerja yang berlebih.”

5. Percaya pada kemampuan Anda

“Percaya pada kemampuan Anda untuk menyeimbangkan pekerjaan dengan perkuliahaan,”  Percaya bahwa Anda sadar keduanya sama penting. Percaya pada pilihan Anda untuk maju ke depan dengan dua kewajiban kuliah dan kerja adalah pilihan yang benar.” menjaga hubungan dengan keluarga dan teman dekat juga merupakan manfaat yang membantu Anda meraih kelulusan.