ARTIKEL

26 Agu 2020

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Menunjang Kariermu

Adanya pandemi Covid-19 dirasakan dampaknya oleh banyak orang. Salah satunya adalah tantangan karir bagi teman-teman yang lulus kuliah di tengah pandemi seperti ini. Tapi, kamu jangan khawatir. Karena, ada 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk karirmu.

1. Perluas Online Networking

Meskipun di rumah aja, bukan berarti gak bisa memperluas networking. Salah satunya dengan mengikuti Webinar. Di sini kamu akan bertemu banyak peserta dengan latar belakang yang sama maupun berbeda. Sama seperti seminar offline, di seminar online ini kamu juga jangan sekadar mengikuti acaranya saja melainkan menyimak dan berkenalan dengan peserta lainnya.

2. Manfatkan Career Center dari Kampusmu

Manfaatkan career center yang disediakan kampusmu untuk mencari kerja. Selain itu, kamu juga harus rajin cek berbagai portal karir dan memperbanyak mencari informasi mengenai pekerjaan yang tersedia.

3. Aktif Di Group Kampus

Jangan mengabaikan chat grup kampus. Karena, di grup kampus bisa jadi tempat untuk mencari informasi seputar projek freelance, volunteering, kelas online sampai lowongan kerja.

4. Latihan Wawancara Virtual

Pandemi juga mengubah metode wawancara kerja, yang biasanya dilakukan dengan tatap muka langsung, sekarang dilakukan secara virtual. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan diri jika suatu saat kamu harus wawancara melalui telepon atau aplikasi telekonferensi. Sama seperti wawancara pada umumnya, kamu harus tetap berbusana rapi dan profesional. Jangan lupa juga untuk cari tahu tentang perusahaan dan jabatan yang kamu lamar.

5. Asah Skill Lewat Online Class/ Webinar

Selama karantina mandiri diberlakukan, muncul banyak online class sebagai pengganti kelas tatap muka. Kamu bisa manfaatkan untuk mengasah soft skill selama di rumah. Kelas online yang bisa diikuti pun beragam, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Kamu bisa pilih materi dan kelas online yang sesuai dengan kebutuhanmu dan enggak cuma platform belajar online yang menyediakan kelas daring, banyak juga influencer ataupun organisasi ternama yang mengadakan webinar (seminar online). Ini bisa banget dimanfaatkan selama dirumah aja. Dengan aktif hadir mengikuti kelas online atau webinar, kamu jadi bisa mengetahui hal-hal yang belum pernah dipelajari sebelumnya.

 

https://www.hipwee.com/list/lulus-kuliah-di-tengah-pandemi-jangan-putus-asa-ini-5-hal-yang-bisa-kamu-lakukan-untuk-karirmu/