26 Aug 2020

7 CARA LULUS KULIAH TEPAT WAKTU

Rasa senang, haru, bangga, semua pasti campur aduk saat hari kelulusan tiba. Kesusahan di bangku kuliah pun tidak akan pernah dirasakan lagi, kecuali kalau dirinya memang berniat melanjutkan kuliahnya ke jenjang selanjutnya yang lebih tinggi. Nah, kelulusan ini tentu menjadi keinginan setiap mahasiswa, bahkan lulus kuliah tepat pada waktunya menjadi impian yang harus dicapai. Setiap mahasiswa pastinya bisa lulus kuliah tepat pada waktunya. Hal ini tentu harus ada dukungan dari diri sendiri, yaitu berupa usaha dan kerja keras. Agar impian tersebut bisa terwujud, berikut ada beberapa cara cerdas yang bisa diterapkan.

1. Ketahui Kewajiban Sebagai Mahasiswa

Kewajiban semua mahasiswa di seluruh dunia itu sama saja yaitu belajar berbagai macam ilmu sesuai denga jurusan yang diambil. Jika selama proses belajar dijalankan dengan sungguh-sungguh tentu akan mendapatkan nilai yang bagus. Dengan begitu, perjalanan selama kuliah akan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan seperti bersusah payah harus mengulang mata pelajaran yang sama di tahun berikutnya. Sehingga waktu yang dimiliki bisa dimanfaatkan untuk memikirkan hal lain yang berhubungan dengan kuliah.

2. Maksimalkan Jumlah Skripsi

Perhatikan jumlah SKS setiap semester, bila setiap menyusun mata kuliah dan masih ada jumlah SKS tersisa maka tidak ada salahnya mengambil mata kuliah di semester atas. Sehingga seluruh SKS terisi full tanpa ada terbuang sia-sia. Perlu diingatkan, isilah SKS sesuai dengan kemampuan belajar. Konsultasikan kepada dosen sangat baik dilakukan agar proses kuliah bisa berjalan dengan lancar.

3. Ikuti Sesi Kuliah Dengan Baik

Walau setiap mahasiswa memiliki jatah absen sebanyak tiga kali dari jumlah pertemuan di kelas, namun amat sangat disayangkan kalau kehadiran kuliah tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Ingatlah bahwa kehadiran di kelas sangat berpengaruh pada ilmu yang didapat.

4. Atur Jadwal Bimbingan Dengan Dosen

Semakin sering bertemu dosen untuk berdiskusi tentang topik skripsi, maka pengerjaan skripsi bisa jadi lebih cepat selesai. Mengingat jadwal dosen yang padat, baiknya aturlah jadwal bimbingan dengan baik. Pilihlah hari yang tepat tanpa harus mengganggu jadwal kamu atau dosen.

5. Bagi Waktu Dengan Baik

Atur jadwal dengan baik dengan membuat daftar kegiatan apa yang akan dilakukani. Lalu, tentukan kegiatan mana yang jadi prioritas utama yang harus dijalankan. Dengan begitu, akan mempermudah kamu saat menjalankan diberbagai macam kegiatan kuliah.

6. Tentukan Topik Skripsi Sejak Awal

Skripsi merupakan bagian dari proses kelulusan setiap mahasiswa. Agar semakin matap dan mudah saat pengerjaannya, sebaiknya tentukan topik skripsi yang akan diambil. Pilihlah topik yang kamu suka dan kuasai ilmunya sehingga lebih mudah saat menyelesaikan skripsi tersebut. Diskusikan bersama dosen, agar memudahkan saat penentuan skripsi yang terbaik.

7. Lakukan Dengan Sungguh-Sungguh

Ingin lulus tepat waktu atau ingin jadi mahasiswa abadi, semua keputusan ada di tangan diri sendiri. Jika ingin lulus dengan cepat, maka lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Mulailah dengan niat yang kuat, lalu lakukan dengan disiplin disetiap proses yang dijalankan dan jangan lupa imbangi dengan doa. Karena apapun impiannya jika dilakukan dengan usaha yang sungguh-sungguh tentu akan membuahkan hasil yang baik pula.

https://www.google.co.id/amp/s/www.cermati.com/artikel/amp/7-cara-cerdas-lulus-kuliah-tepat-waktu-bagi-mahasiswa