ARTIKEL

04 Agu 2020

Tips memilih Jurusan Kuliah yang tepat

  1. Renungkan Apa yang Membuat Anda Tertarik.
    Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat akan memilih jurusan kuliah yang tepat adalah mencari tahu apa yang menarik dan paling disukai. Untuk mengetahui apa yang disukai, Anda harus mengenal siapa diri Anda dan pengalaman yang terjadi di masa lalu. Kedua hal ini akan sangat membantu Anda untuk menentukan subjek yang paling disukai dan Anda bergairah untuk melakukannya.
  2. Pertimbangkan Nilai yang Anda Yakini.
    Setiap orang memiliki nilai-nilai yang diyakini di dalam hidup mereka, misalnya saja Anda suka membantu orang lain, suka memecahkan masalah, suka berhitung dan metematika, mengatasi masalah teknis, dan lain sebagainya. Pahami dengan baik nilai-nilai yang Anda yakini untuk mempertimbangkan pilihan jurusan yang akan diambil dalam perkuliahan. Cara seperti ini akan sangat membantu Anda untuk menentukan jurusan perkuliahan yang tepat.
  3. Meminta Bantuan Orang Lain yang Mengenal Diri Anda.
    Temukan orang-orang yang mengenal siapa diri Anda, seperti guru, orangtua, teman, atau yang lainnya. Mintalah bantuan kepada mereka untuk memberikan saran tentang jurusan perkuliahan yang cocok dan sesuai dengan diri Anda. Orang yang mengenal diri Anda dengan baik pasti memiliki sudut pandang terbaik dalam memberikan saran jurusan kuliah yang harus Anda tempuh.
  4. Ikuti Impian Anda dan Kejarlah.
    Hal yang perlu Anda ketahui dengan baik adalah saat seseorang mengambil mata kuliah di bidang yang mereka sukai dan mereka bersemangat melakukannya, maka mereka lebih suka terlibat secara penuh dengan materi yang dipelajari. Keterampilan dan pengetahuan yang mereka dapatkan di perkuliahan akan membantu mereka menjadi tenaga kerja yang kompetitif di pasar tenaga kerja.
  5. Tidak ikut teman.
    Sepele tapi ini bisa merugikan jika kamu salah pilih jurusan hanya gara-gara ikut-ikutan teman saja. Apa pun alasannya jangan sesekali mengikuti teman atau mungkin kekasih kalau mengambil jurusan kuliah. Hanya pilih jurusan yang sesuai minat dan kemampuanmu.
  6. Lakukan riset.
    Lakukan riset terkait dengan jurusan yang akan kamu ambil. Riset ini bisa dilakukan dengan mencari tahu lokasi, mata kuliah, lulusan, biaya kuliah persemester, hingga profil dari jurusan. Riset ini akan membuat kamu semakin yakin apakah akan mengambil jurusan tersebut atau tidak.
  7. Sesuaikan biaya kuliah Untuk biaya kuliah.
    setiap jurusan berbeda-beda. Ada yang cukup mahal hingga ratusan juta rupiah dan ada yang kurang dari sepuluh juta rupiah. Kalau kamu ingin kuliah di jurusan apa pun, pertimbangkan keuangan dari orangtua. Jangan sampai mengambil jurusan yang cukup mahal biaya pendidikannya, tapi orangtua tidak mampu membiayainya. Jadi, sebaiknya kamu diskusi dengan orangtua dahulu terkait dengan jurusan yang akan diambil dan pertimbangan biayanya. Kalau orangtua bisa mengusahakan, kamu tidak akan kebingungan, tapi kalau sulit direalisasikan ya kamu bisa mengambil jurusan lain atau mencari beasiswa.

sumber : https://koinworks.com/blog/memilih-jurusan-kuliah/