04 Aug 2020

Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi

Menjadi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi memang menjadi suatu kebangaan tersendiri. Jika dulu jurusan komunikasi jarang dilirik, beda hal nya dengan sekarang yang mulai diminati oleh sebagian calon mahasiswa mengingat era sekarang yang merupakan era digital. Banyak yang mengatakan menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi menyenangkan, ilmunya tidak ribet dan cenderung perkuliahannya santai tetapi semua itu tidak benar. Di jurusan Ilmu Komunikasi, komunikasi merupakan garis besarnya saja tetapi banyak keilmuan bidang lain yang berakar dari Ilmu Komunikasi. Dalam jurusan Ilmu Komunikasi kita akan belajar lebih jauh mengenai aspek-aspek komunikasi baik secara teori dan praktek serta memahami apa saja yang terjadi selama komunikasi berlangsung.

Pada tahun pertama, kamu akan mempelajari pelajaran dasar terlebih dahulu, kemudian di tahun-tahun berikutnya kamu akan bertemu dengan mata kuliah seperti Marketing Communication, Event Management, Teori Communication, Psychology Communication, Photography, Radio Journalism, Jurnalistik dan masih banyak lagi. Ilmu Komunikasi di Kampus Kwik Kian Gie memiliki dua peminatan atau konsentrasi yaitu yang pertama ada Marketing Communication disini kamu akan mempelajari mengenai Public Relations, Media Planning dan Advertising. Sementara di konsentrasi Broadcasting kamu mempelajari mengenai Broadcasting dan Produksi Program Televisi, Radio atau media massa lainnya.

Di jurusan Ilmu Komunikasi kamu tidak cuman belajar teori aja, kamu juga diberikan kesempatan untuk mempraktikannya. Biasanya praktikum-praktikum tersebut masuk dalam tugas kuliah ataupun sebagai Ujian Semester dan Ujian Akhir Semester. Tugasnya tidak akan selalu membuat makalah atau presentasi biasanya anak komunikasi dapat tugas untuk membuat film, iklan, video klip, dan bahkan membuat event kampus.

sumber :

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/pahit-manisnya-menjadi-mahasiswa-ilmu-komunikasi

http://www.berkuliah.com/2014/11/suka-duka-menjadi-mahasiswa-jurusan-ilmu-komunikasi.html