ARTIKEL

04 Agu 2020

Manfaat ikut organisasi kampus

Mahasiswa disarankan untuk mengikuti salah satu unit kegaitan mahasiswa atau organisasi di kampus. Selain banyak sekali manfaatnya, dengan organisasi kamu dapat lebih mudah mendapatkan beasiswa.

Mahasiswa yang ikut organisasi mempunyai gaya yang khas. Biasanya mereka lebih percaya diri, mampu berbicara atau berkomunikasi dengan baik, mempunyai cara pandang yang berbeda dalam suatu masalah, mampu berargumentasi dan memiliki visi misi yang lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang tidak pernah iut berorganisasi.

Hal ini akan sangat jelas perbedaanya ketika pada saat proses wawancara kerja. Saat akan melamar kerja nanti, para pewawancara akan paham mana mahasiswa yang suka ikut organisasi dengan mana yang bukan anak organisasi.

Bagi mahasiswa yang lebih aktif berorganisasi akan lebih banyak mendapatkan teman, sehingga informasi yang mereka dapatkan jauh lebih banyak. Mereka juga biasanya punya relasi ke pejabat-pejabat tinggi di kampus.

Manfaat ini akan membantumu untuk mendapatkan info tawaran beasiswa S2 dan S3 hingga ke jenjang yang lebih lanjut lagi.

Berikut beberapa manfaat mengikuti organisasi dikutip dari buku ‘Menjadi Mahasiswa Ideal: Sukses Akademis dan Organisasi’, karya Suherman,

1. Mendapatkan informasi dan koneksi dengan mudah

2. Memenuhi salah satu syarat bekerja untuk melamar beasiswa (organisasi di luar kampus, misalnya LSM dan LBH).

3. Kemudahan meminta rekomendasi dari relasi dosen dan pejabat kampus yang dikenal saat masih berorganisasi

4. Menambah percaya diri dan daya jual.

5. Keluwesan dan kemantapan ketika interview

6. Menambah catatan di CV hingga memperluas mendapatkan beasiswa.

sumber : https://news.okezone.com/read/2020/01/20/65/2155669/manfaat-ikut-organisasi-kampus-koneksi-kerja-lebih-mudah?page=2