Program Studi Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie memberikan kesempatan yang luas bagi calon mahasiswa untuk mengembangkan diri menjadi tenaga profesional dalam bidang Sistem Informasi.

Konsentrasi yang ditawarkan adalah Business Intelligence dengan fokus pemanfaatan sistem informasi untuk mendukung manajemen puncak didalam mendukung keputusan. Kosentrasi ini selain mendalami pengelolaan beragam jenis data untuk diubah menjadi informasi didalam perusahaan tapi juga menjadikan sebuah pengetahuan baru yang bersumber dari bongkahan data tersebut.

Memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), masyarakat dituntut untuk mendongkrak profesionalitasnya pada bidang-bidang yang lebih spesifik. Salah satunya adalah Business Intelligence. Bidang tersebut selama era 2015 menjadi perbincangan dunia selain Internet of Things. Hasil riset dari Linkedln selama tahun 2015 menyebutkan bahwa permintaan dunia kerja yang menempati peringkat pertama adalah keahlian di bidang Business Intelligence.

Dalam pengertian yang luas Business Intelligence adalah suatu keahlian menggunakan seperangkat metodologi, proses, arsitektur dan teknologi yang mengubah data mentah menjadi informasi yang lebih bermakna yang digunakan dalam pengambilan keputusan, strategis, taktis, dan operasional yang lebih efektif.

Untuk memenuhi kompetensi lulusan dibidang Sistem Informasi,  telah diterapkan kurikulum yang merujuk pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan empat aspek yang meliputi aspek sikap dan tata nilai, aspek pengetahuan, aspek ketrampilan umum dan aspek ketrampilan khusus.

 

Visi Program Studi Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Visi Program Studi Sistem Informasi adalah menjadi salah satu Program Studi Sistem Informasi  terkemuka di Indonesia pada tahun 2025 yang mengemban tridharma perguruan tinggi dengan kualitas unggul berdasarkan standar world class university dan berorientasi pada bisnis global.

Misi Program Studi Sistem Informasi Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

  1. Mengembangkan pengetahuan di bidang Sistem Informasi, menghasilkan produk perancangan sistem informasi dan terserapnya lulusan sarjana Sistem Informasi di dunia bisnis.
  2. Mengembangkan proses belajar mengajar bermutu tinggi dalam bidang sistem informasi dan bisnis, dengan pendekatan keseimbangan dinamik antara substansi teori dengan relevansi praktik.
  3. Mengembangkan penelitian yang berkualitas dalam bidang bisnis dan sistem informasi, dengan pendekatan interaktif, dinamik dan empirik.
  4. Membangun forum interaksi yang kondusif sinergitik bagi para  pembelajar dan praktisi bisnis dan Sistem Informasi dalam kegiatan diskusi, seminar, publikasi, dan konsultasi dibidang  bisnis dan   informasi.
  5. Menciptakan lulusan dibidang Sistem Informasi yang menguasai ilmu, tekhnologi dan memiliki etika dan moral.

Peluang Kerja:

  1. Aplication Programmer
  2. Development System Analyst
  3. Business Data Analyst
  4. Information System Auditor
  5. Database Administrator
  6. Chief Information Officer

Distribusi mata kuliah tiap semester