Gelar
M.Ak. (Magister Akuntansi)
Akreditasi
Terakreditasi
Lama Perkuliahan 4 semester (efektif 18 bulan)
Jumlah SKS 42 SKS
Waktu Pendaftaran s/d satu hari sebelum tes / USM
Waktu dan hari kuliah Pkl 18:30 – 21:00
Biaya Pendaftaran Rp. 250.000; [termasuk tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik]

 

Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI) Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie adalah program pendidikan strata dua di bidang akuntansi dengan rancangan kurikulum untuk memberikan bekal pengetahuan mendalam dan komprehensif mengenai teori dan praktik akuntansi. Dengan demikian lulusan MAKSI memiliki peluang memasuki dunia praktik akuntansi dengan berbagai ragam jenis sub-spesialisasi dalam profesi akuntansi. Sekali waktu ia bisa menekuni profesi di luar perusahaan dan memiliki kompetensitinggi sebagai akuntan publik, konsultan, dan di waktu yang lain ia memiliki peluang dan memiliki kompetensi tinggi untuk menjadi akuntan di dalam perusahaan (sebagai controller, akuntan manajemen, dan internal auditor) untuk menuju karir sebagai pimpinan puncak perusahaan.

 

Desain kurikulum program MAKSI dibuat dengan mensinergikan materi kuliah yang menopang setiap sub-spesialisasi keahlian tersebut. Hal itu ditujukan agar setiap peserta didik yang lulus dari MAKSI memiliki kompetensi yang lengkap untuk semua sub-spesialisasi keahlian dan memiliki banyak pilihan dalam mengembangkan karir sebagai akuntan.

 

Penyelenggaraan Proses belajar Mengajar (PBM) dilakukan dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan melibatkan partisipasi aktif peserta didik.
Untuk dapat dinyatakan lulus dari program MAKSI dan mendapatkan gelar M.Ak, mahasiswa diwajibakan untuk menyelesaikan kuliah dengan 42 sks.

 

Lama Studi: 4 semester

 

Calon mahasiswa yang bukan lulusan Program Studi Akuntansi diharuskan mengikuti Matrikulasi dengan biaya matrikulasi Rp. 750.000 per Mata Kuliah

 

Mata Kuliah Matrikulasi

  • Ekonomi
  • Akuntansi Keuangan & Akuntansi Manajemen dan Biaya
  • Pemeriksaan Akuntansi
  • Statistik

Kurikulum
Kurikulum Maksi mengintegrasikan aspek konsep ilmu pengetahuan akuntansi dan praktik sesuai dengan perkembangan mutakhir dengan memperhitungkan kebutuhan pengetahuan akuntansi yang sesuai dengan profesi mahasiswa dalam bidang akuntansi.

 

Mata Kuliah

SKS

Lingkungan Bisnis & Hukum Komersial

3

Manajemen Keuangan Lanjutan

3

Pelaporan Akuntansi Keuangan

3

Mata Kuliah

SKS

Manajemen Perpajakan

3

Sistem Informasi & Pengendalian Intern

3

Regulasi Akuntansi

3

Mata Kuliah

SKS

Metode Riset Akuntansi

3

Akuntansi Forensik

3

Akuntansi Lingkungan & Sosial

3

Akuntansi Manajemen Lanjutan

3

Mata Kuliah

SKS

Profesi Jasa Eksternal & Internal

3

Seminar Pemeriksaan Internal & Assurance Services

3

Tesis

6

 

>> Kalender Akademik

>> Website Jurusan